Kenali 3 Jenis Program Hamil untuk Mendapatkan Momongan

  • Bagikan
Kehamilan
Program hamil atau Promil adalah serangkaian program yang disusun dokter atau klinik untuk diikuti pasangan agar memperoleh kehamilan/ Foto: Test Pack Untuk tes kehamilan/Istimewa

JAWA TENGAH, INDOtayang.COM — Program hamil atau Promil adalah serangkaian program yang disusun dokter atau klinik untuk diikuti pasangan agar memperoleh kehamilan.

Terdapat beberapa program hamil untuk mendapatkan momongan yang bisa pasangan lakukan.

Artis Tya Ariestya pernah menjalaninya. Tya merasa dunianya nyaris runtuh. Jelang pernikahan impiannya di Agustus 2014 silam, Tya mendapati dirinya dicurigai mengalami PCOS.

Sempat ada vonis bahwa ke depan, dia dan suami, Irfan Ratinggang bakal kesulitan memperoleh keturunan. Akan tetapi pernikahan tetap berjalan, begitu pula dengan usaha keduanya memperoleh anak.

Setelah 1,5 tahun melalui pengobatan untuk kesuburan, Tya belum kunjung hamil.

“Saya disarankan bayi tabung karena di usia itu (saat itu Tya 29 tahun) kemungkinan berhasil besar. Akhirnya dapet kehamilan pertama Muhammad Kanaka Ratinggang,” ujar Tya di sela peluncuran Klinik Fertilitas Indonesia OMDC Healthcare, Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021).

Infertilitas

Program in vitro fertilization (IVF) atau lebih kita kenal sebagai bayi tabung merupakan salah satu jawaban akan harapan orang tua memiliki momongan. Ini juga salah satu solusi akan persoalan infertilitas.

Dokter spesialis kandungan di Klinik Infertilitas OMDC Healthcare, Jusuf Sidharta menjelaskan infertilitas merupakan kondisi kegagalan pasangan untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual teratur selama 1 tahun tanpa kontrasepsi.

“Kejadiannya 10-15 persen di usia reproduktif, usia di mana pasangan di masa subur. Ternyata di Indonesia ada sekitar 4 juta bahkan lebih pasangan yang mengalami infertilitas,” kata Jusuf dalam kesempatan serupa.

  • Bagikan