Ini Alasannya Penjualan Makanan Beku Harus Izin BPOM

  • Bagikan
Makanan beku
BPOM mengingatkan produk makanan beku (frozen food) seperti nugget dan bakso serta produk minuman cair harus dijual atas izin badan tersebut/Foto: Ilustrasi Makanan Beku/Istimewa

JAWA TENGAH, INDOtayang.COM — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan produk makanan beku (frozen food) seperti nugget dan bakso, makanan dalam kaleng, serta produk minuman cair harus dijual atas izin badan tersebut.

Produk tersebut tidak bisa teredarkan hanya dengan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) yang dikelurkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Walikota.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan BPOM, Ema Setyawati, menjelaskan produk pangan yang diproses dengan pembekuan dan memerlukan lemari pembeku termasuk makanan dengan risiko tinggi.

Peredarannya harus mendapatkan izin MD (makanan dalam) yang dikeluarkan BPOM karena prosesnya harus dipastikan sesuai pengawasan agar tidak membahayakan.

“Produk frozen food seperti nugget, bakso, dan sosis itu beresiko tinggi. Karena bahan itu memiliki kandungan protein tinggi yang sangat bakteri sukai sehingga risikonya jadi tinggi,” tutur Ema, dalam Sosialisasi Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang terselenggara secara daring, Minggu (12/12/2021).

Untuk minuman cair, semua yang direkonstitusi dengan air maka risikonya menjadi tinggi.

“Dengan adanya air maka aktvitas mikrobiololgi meningkat,”tambahnya.

Makanan Beku (Frozen food) bisa teredarkan tanpa izin BPOM jika produk tersebut dalam bentuk siap saji/segera terkonsumsi atau tidak tersimpan dalam lemari pembeku/dingin serta memiliki masa simpan di bawah tujuh hari.

  • Bagikan